Terungkap! Ini Keuntungan Luar Biasa Jadi Orang Sabar

Ternyata ada keuntungan luar biasa besar menjadi orang sabar. Hal ini sebagaimana terungkap dalam ajaran Islam.

Salah satu kenikmatan yang ada di surga milik Allah Subhanahu wa Ta’ala disediakan untuk orang-orang sabar. Allah Ta’ala memberi ujian kepada setiap hamba-Nya. Tujuannya supaya mereka bersabar.

Terkait keutamaan sabar, Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA menceritakan ada sebuah riwayat yang menyebutkan tentang wanita ahli surga karena kesabarannya.

Imam Bukhari menceritakan riwayat sahih dari Ata bin Abi Rabah:

“Maukah engkau saya tunjukkan wanita penghuni surga. Siapa wanita itu? Inilah wanita berkulit hitam yang menemui Nabi Shallallahu alaihi wassallam. Kemudian dia berkata: Ya Rasulullah sesungguhnya aku mengalami shara’ (penyakit epilepsi atau ayan) kalau sedang kambuh penyakitnya, maka aurat saya tersingkap. Maka doakanlah saya. Rasulullah kemudian menjawab: Kalau kau ingin, bagimu surga. Kalau kau ingin aku berdoa kepada Allah agar kau disembuhkan.

Maka wanita itu berkata: Saya pilih bersabar. Tetapi saya akan sabar, kalau saya kambuh maka tersingkap maka terbukalah setiap auratku. Maka katakanlah kepada Allah agar tidak tersingkap auratku saat aku kambuh.”

Ustadz Firanda mengatakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pun mendoakan wanita berkulit hitam tersebut agar saat penyakitnya kambuh maka Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa tetap menjaga auratnya.

Terlebih lagi wanita tersebut memilih bersabar karena jaminannya adalah surga. Sementara sebelumnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memilih pilihan lainnya yaitu didoakan agar segera disembuhkan penyakitnya.

“Ini adalah dalil yang paling besar. Bahwasannya sabar mendatangkan surga,” kata Ustadz Firanda, dikutip dari kanal YouTube Taman Surga.

Selain itu di dalam Alquran juga banyak disebutkan tentang keistimewaan dari buah kesabaran. Di antaranya Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

الصَّابِرِينَ مَعَ اللهَ إِنَّ وَاصْبِرُوا…

“… Dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al Anfal : 46)

تُفْلِحُونَ لَعَلَّكُمْ اللَّهَ وَاتَّقُوا وَرَابِطُوا وَصَابِرُوا اصْبِرُوا ءَامَنُوا الَّذِينَ يَاأَيُّهَا

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.” (QS Ali Imran: 200)

الصَّابِرِينَ وَبَشِّرِ وَالثَّمَرَاتِ وَالأَنْفُسِ الأَمْوَالِ مِنَ وَنَقْصٍ وَالْجُوعِ الْخَوْفِ مِنَ بِشَيْءٍ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al Baqarah: 155)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *