20 Film Pendidikan Terbaik Untuk Sumber Inspirasi

20 Film Pendidikan Terbaik Untuk Sumber Inspirasi Guru Orangtua dan Siswa

Apakah sahabat guru hobi nonton film? Di era masyarakat digital seperti sekarang ini hampir setiap bulan ada film baru dengan berbagai genre  yang di launching. Dan salah satu genre film yang sangat direkomendasikan ditonton oleh kalangan guru/akademisi/orangtua adalah genre film pendidikan tentang guru dan film inspirasi pendidikan.

Review Film Pendidikan tentang Guru dan Film Inspirasi Pendidikan Terbaik yang Menginspirasi

Saat ini ada begitu banyak film pendidikan tentang guru dan film inspirasi pendidikan terbaik yang bisa kita tonton. Bagi kalangan guru/akademisi/orangtua, film ini bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi, motivasi hingga menambah wawasan tentang mendidik anak maupun memahami karakter anak. Seru bukan? Kita bisa mencari hiburan sekaligus menambah khasanah wawasan kita tentang dunia pendidikan.  Berikut ini belasan film tentang guru dan film inspirasi pendidikan terbaik film yang menginspirasi di Indonesia yang berhasil dihimpun oleh gurudigital.id. Check  this out!

  • Film Pendidikan : Sokola Rimba

Sokola Rimba hadir dengan kisah seorang guru bernama Butet Manurung yang ditugaskan oleh lembaga swasta untuk mengajar dan mendidik anak-anak di daerah terdepan, terpencil dan terluar Indonesia. Berbagai kendala dialami Butet saat harus mengajar di daerah pedalaman. Pemikiran orang tua murid yang  beranggapan bahwa kerja lebih penting daripada belajar, minimnya fasilitas, minimnya minat belajar anak, hingga karakter anak yang sulit diatur menjadi rintangan yang harus dihadapi. Dari Film inspirasi pendidikan “Sokola Rimba”, kita akan bisa belajar tentang semangat guru yang tidak akan padam untuk melakukan perubahan. Guru tidak akan berputus asa meskipun banyak hambatan dalam melaksanakan amanahnya sebagai guru.

  • Film yang Menginspirasi : Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara menunjukkan kepada kita tentang bagaimana sosok guru inspiratif. Guru inspiratif yang berhasil menginspirasi muridnya untuk menjadi orang yang sukses, orang yang berhasil di bidangnya masing-masing. “Man Jadda Wajada”, “Siapa yang bersungguh-sungguh, Ia akan berhasil”, kata-kata ini berhasil merasuk ke dalam sanubari siswa-siswanya sehingga mereka bertekad untuk benar-benar menjadi insan yang berhasil. Sudahkah kita menjadi guru yang inspiratif?

  • Denias Senandung di Atas Awan

Denias, Senandung di Atas Awan. Film ini bercerita tentang Denias yang tinggal di pedalaman Papua. Awalnya Denias dan kawan-kawan belajar bersama “Pak Guru”, seorang prajurit TNI yang ditugaskan di distrik tersebut. Suatu saat Pak Guru harus kembali ke Jawa, dan Denias pun berjuang mencari sekolah di kota kecamatan.  Denias  menempuh perjalanan selama sepuluh hari melalui gunung, ngarai, hutan, dan sungai untuk bisa sampai di sekolah yang dituju. Namun sayang saat sampai di sana Denias tak bisa langsung masuk ke sekolah tersebut. Denias pun juga terlibat perkelahian dengan teman barunya. Namun meskipun begitu, Denias tetap berusaha mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin. Dari film ini kita bisa belajar tentang bagaimana menjadi guru yang senantiasa dinantikan oleh muridnya, karena kepiawaian guru dalam mendidik dan mengajar. Film ini juga bisa digunakan untuk melecut semangat dan minat belajar pada anak didik kita.

 

  • Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Film Cahaya dari Timur: Beta Maluku memberi inspirasi pada kita semua  tentang dedikasi, pengabdian dan tanpa pamrih dalam mengabdi. Bercerita  tentang Sani Tawainella  mantan pemain timnas junior era 90-an yang kini menjadi guru sepakbola di Tulehu, Maluku. Kegalauan yang banyak dirasakan  guru muncul manakala Sani dihadapkan antara pilihan bekerja untuk menafkahi keluarga atau mengabdikan dirinya untuk menjadikan anak-anak di sekitarnya menjadi orang yang sukses dalam sepak bola. Perjalanan kehidupan Sani sebagai guru sepakbola menjadi alur utama dalam film ini. Hingga akhirnya berkat kegigihannya mendidik anak-anak, ia diangkat menjadi pelatih Tim U-15 Maluku. Sani merupakan guru yang bisa menjadi panutan dan inspirasi bagi muridnya.

  • Laskar Pelangi

Melalui Film Laskar Pelangi, kita dapat mengambil pelajaran dari seorang Bu Muslimah dalam mengajar. Bisa belajar tentang Anak yang berkembang dengan potensi dan cita-citanya masing-masing. Hingga belajar tentang bagaimana memanfaatkan kearifan local untuk memajukan dunia pendidikan. Sepertinya mayoritas guru sudah pernah nonton film pendidikan terpopuler ini ya? Nah berikutnya tinggal bagaimana kita mengambil inspirasinya.

  • Alangkah Lucunya Negeri Ini

Film Alangkah Lucunya Negeri Ini hadir dengan jalan cerita yang begitu unik, yakni kisah 2 pemuda yang mencoba memanajemen, mendidik, mengajari baca tulis hitung, hingga menyadarkan anak-anak pencopet untuk beralih profesi menjadi pengasong. Mendidik dan mengajar pada dasarnya merupakan proses untuk mengubah pola pikir anak untuk selalu bisa lebih maju. Dan di film ini kita bisa mengambil banyak inspirasi tentang mendidik dan merubah pola pikir anak.

  • Tanah Surga Katanya

Film Tanah Surga Katanya menggambarkan sebuah kehidupan di wilayah terdepan dan terluar Indonesia. Nilai-nilai pendidikan nasionalisme mendominasi film ini. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam penanaman nasionalisme pada diri siswa.

  • Di Timur Matahari

Film Di Timur Matahari diawali dengan sebuah fenomena dimana anak-anak senantiasa menanti kehadiran guru yang akan mengajari mereka belajar. Namun guru tak kunjung datang hingga hari-hari mereka hanya diisi dengan bermain bola dan bekerja membantu orang tua. Klimaks cerita dari film ini terdapat pada scene dimana dua suku saling berseteru yang akhirnya  bisa diakhiri oleh anak-anak polos  yang menyuarakan kedamaian dengan cara mereka sendiri. Film ini membuka mata kita tentang masih adanya anak-anak Indonesia yang belum bisa mengenyam nikmatnya bangku sekolah dan juga pentingnya perdamaian di bumi Indonesia.

 

  • Sang Pemimpi

Hal paling menarik yang tersirat dari film Sang pemimpi adalah sosok Guru bernama Balia yang benar-benar menginspirasi murid-muridnya untuk belajar hingga di tanah Eropa. Meski sempat terbelit dengan berbagai masalah hidup yang sempat mematahkan semangat untuk sekolah hingga di jenjang perguruan tingi, akhirnya inspirasi dari gurunya itulah yang membuat semangat itu kembali menyala.

  • Temani Aku Bunda

Film temani aku bunda muncul dengan mengangkat sebuah fakta miris dalam dunia pendidikan Indonesia. Diangkat dari sebuah kasus nyata dimana seorang siswa dipaksa oleh gurunya untuk memberikan contekan kepada temannya (contek masal). Disana menimbulkan pergulatan batin dari si anak jujur yang dipaksa curang. Film ini benar-benar bisa menjadi alat untuk berkaca bagi semua praktisi akademisi Indonesia, bahwa seharusnya ambisi akan “nilai” tidak menjadikan karakter baik itu dikesampingkan. Terlebih dengan adanya gerakan pengembangan karakter yang saat ini sedang digembor-gemborkan. Apalah gunanya nilai sempurna, apabila karakternya begitu tercela.

  • Serdadu Kumbang

Serdadu kumbang menyajikan cerita tokoh amek yang memiliki cita-cita menjadi reporter. Banyak sekali halang rintang hingga akhirnya Dia benar-benar optimis untuk meraihnya.  Film ini hadir dengan amanat bahwa setiap cita-cita yang telah kita gantungkan harus dikejar dengan optimisme yang tinggi. Meskipun banyak sekali rintangan yang harus dihadapi.

  • Film Inspiratif : Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS)

Mimpi Ananda Raih Semesta sangat layak untuk ditonton semua orangtua yang peduli terhadap pendidikan anaknya. Mengambil cerita nyata seorang ibu yang buta huruf membesarkan putrinya dengan penuh perjuangan harta, tenaga dan pikiran. Hingga akhirnya sang ananda yang bernama Sekar Palupi dari Gunung Kidul Yogyakarta bisa meraih cita-citanya mengenyam pendidikan tinggi di Eropa. Salah satu petikan inspiratif dari film ini adalah ketika sang ibu berkata “itu lintang lantip (planet mars), Sekar akan bisa kesana dengan berbekal ilmu pengetahuan.”

  • Untuk Rena

Film Untuk Rena menceritakan sosok anak yang dibesarkan di panti asuhan Rumah Matahari. Suatu hari datanglah seorang Lelaki bernama Om Yudha. Rena merasa was-was dengan lelaki tersebut karena beranggapan bahwa dia akan membawa salah satu anak dari rumah Matahari. Namun semua anak malah sangat dekat dengan Om Yudha, termasuk Rena. Film ini memberi banyak inspirasi bagi kita dan layak menjadi santapan hiburan keluarga di akhir pekan.

 

  • 5 Elang

Melalui Film Lima Elang kita bisa menanamkan sikap persatuan,kerjasama, pantang menyerah, mandiri, tidak egois, punya tekad kuat dan belajar menjadi pemimpin untuk anak-anak/murid-murid kita. Rekomended untuk ditonton !

  • Film Inspirasi Pendidikan : King

King memberikan pesan pada kita semua para pendidik, bahwa kita tidak bisa menilai potensi siswa itu hanya dari kemempuan kognitifnya saja. King juga memberikan pesan untuk anak-anak kita untuk terus berjuang sebaik mungkin untuk meraih cita-cita melalui potensi besar yang dimilikinya. Sebuah tontonan yang sayang untuk dilewatkan.

  • Sepatu Dahlan

Sepatu Dahlan hadir sebagai drama biografi perjalanan hidup seorang tokoh nasional, Dahlan Iskan. Bercerita perjuangan Pak Dahlan di masa kecil dalam mengenyam pendidikan dengan sepatu lusuh yang sangat dikenangnya. Film ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua baik sebagai pendidik maupun pembelajar.

  • Film Guru Inspiratif : Guru Bangsa Tjokroaminoto

Kisah inspiratif guru bangsa sang agen perubahan, begitulah mungkin hal paling tepat disematkan untuk Film dan perjalanan hidup Tjokroaminoto.  Dimulai dengan keluar dari zona nyaman sebagai kaum ningrat yang turun ke tengah masyarakat , membangun organisasi yang kuat demi melawan penjajah hingga membuka sekolah rakyat yang akhirnya memunculkan lulusan hebat  bernama Soekarno yang kelak menjadi Proklamator Bangsa. Film yang insyaallah bisa benar-benar menggugah guru Indonesia untuk terus mengabdi dengan sebaik-baiknya.

  • Jembatan Pensil

Film jembatan pensil menggambarkan perjuangan sekelompok anak SD dalam menuntut ilmu. Dimana setiap harinya mereka harus menempuh perjalanan yang jauh dan sulit untuk menuju sekolah. Beberapa dari mereka memiliki keterbatasan  fisik dan mental, namun mereka tetap pantang menyerah. Setiap anak pun  memiliki kelebihan bakat di bidang masing-masing. Film ini memberi inspirasi kita sebagai pendidik harus senantiasa bersemangat  untuk mendidik anak didik kita, karena mereka punya tekad kuat untuk belajar bersama kita. Selain itu, film ini akan membuka mata kita bahwa setiap anak memiliki kelebihan masing-masing, yang bisa kita arahkan dan kembangan.

Demikian tadi kumpulan film pendidikan tentang guru dan film inspirasi pendidikan terbaik yang menginspirasi yang bisa dijadikan referensi untuk ditonton dan diambil pelajarannya. Semoga menginspirasi ya. Tentunya karena keterbatasan kami, mungkin ada beberapa film tentang guru dan film inspirasi pendidikan Indonesia yang belum kami ketahui. Maka dari itu, jika sahabat guru memiliki rekomendasi tambahan tentang film pendidikan, langsung sampaikan di kolom komentar ya. Karena dengan berbagi,kita akan semakin berarti! Semangat menginspirasi……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *